PENGERTIAN TEKS ULANG BIOGRAFI


Pengertian, Jenis-jenis, dan Stuktur  dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang
Materi Teks Cerita Ulang merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia ya  diajarkan di kelas XI SMA / MA / SMK. Untuk lebih jelasnya kita lihat uraian berikut.
A. Pengertian Teks Cerita Ulang
Teks cerita ulang atau recount atau rekon adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis (berurutan). Tujuannya untuk memberikan informasi atau menghibur atau bisa kedua-duanya bagi pembacanya.
B. Jenis-jenis Teks Cerita Ulang
Berdasarkan jenisnya, cerita ulang dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
Teks yang menceritakan pengalaman penulis dimana penulisnya terlibat langsung dalam peristiwa atau suatu kejadian atau cerita ulang pribadi. Contohnya: menulis catatan harian.
Teks yang menceritakan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi atau teks ulang faktual. Contohnya: laporan polisi, teks ulang catatan biografi tokoh dsb.
Teks yang dibuat penulis dengan cerita yang imaginatif, lalu penulis menuliskan peristiwa yang telah terjadi. Contohnya teks ulang kisah legenda atau dongeng.
C. Struktur Teks Cerita Ulang
Sedangkan struktur cerita ulang terdiri dari 3 bagian, yaitu:
Orientasi berupa informasi mengenai apa, siapa, di mana, kapan dan mengapa.
Isi teks yaitu berupa rentetan peristiwa atau kejadian.
Reorientasi adalah bagian akhir teks yaitu berupa kesimpulan atas kejadian-kejadian yang terdapat dalam cerita.
D. Ciri-ciri kebahasaan cerita ulang
Menceritakan peristiwa masa lalu (yang telah terjadi).
Untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian pada teks cerita ulang menggunakan konjungsi, seperti kata: dan, setelah, tetapi, itu dan kemudian.
Untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara pada teks cerita ulang menggunakan keterangan dan frasaadverbial, misalnya kemarin, di kantor, pelan-pelan, dan sebagainya.
Untuk menyatakan tindakan menggunakan kata kerja, misalnya: makan, lari, membeli, tidur, dan sebagainya.



1. Definisi dari cerita ulang
Cerita ulang (recount) adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.
Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadirekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
 Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.
2. Struktur & Definisi dari masing-masing teks cerita ulang
a. Orientasi
Bagian pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh atau pelaku di dalam teks biografi
b. Peristiwa dan Masalah
Bagian peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh. Berisi peristiwa atau kejadian berisi penjelasan yang berisi peristiwa-peristiwa yang terjadi atau pernah dialami oleh tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian peristiwa.
c. Reorientasi
Bagian penutup, berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, boleh ada, boleh juga tidak ada.
TEKS CERITA ULANG adalah adalah materi pelajaran bahasa Indonesia yang akan saya jelaskan kali ini. Adapun materi tentang teks cerita ulang yang akan kita pelajari yaitu tentang pengertian, jenis, struktur teks, ciri kebahasaan, dan juga contoh teks cerita ulang yang akan saya berikan dibawah ini. Baiklah langsung saja kita simak materi berikut.
TEKS CERITA ULANG (Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Contoh Teks Cerita Ulang)

Pengertian Teks Cerita Ulang
Teks Cerita ualng adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas lampau. Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Jenis Teks Cerita Ulang
Ada banyak jenis teks cerita ulang, diantaranya yaitu:

Teks Berita.
Cerita Pengalaman.
Biografi.
Autobiografi.
Struktur Teks Cerita Ulang
Struktur teks adalah sebuah gambaran bagaimana sebuah teks dibangun. Adapun struktur yang membagun sebuah teks cerita ulang adalah sebagai berikut.
Orientasi (pengenalan), berisi informasi mengenai siapa,dimana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi dimasa lampau.
Insiden, merupakan rekaman peristiwa yang terjadi yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
Resolusi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian yang sedang diceritakan.
Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang
Ciri kebahasaan yang terdapat pada teks cerita ulang adalah penggunaan konjungsi subordinatif waktu dan verba tingkah laku. Untuk jelasnya sebagai berikut.
Menggunakan kata yang menunjukkan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana.
Verba tingkah laku, adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak). Seperti kata mengambil pada kalimat.
Keterangan waktu lampau, adalah kata keterangan waktu yang menyatakan waktu lampau atau yang sudah terjadi . Contohnya seperti pernah, sering, biasanya, pagi-pagi, malam-malam, sesudah, sebelum, kemarin, sejak, dari, dan sebagainya.
Menggunakan kata yang menunjukan tempat dan waktu


Comments

Popular Posts